header-int

Cara Menghitung Skala Peta Beserta Pembahasanya

Rabu, 20 Mar 2024, 17:54:45 WIB - 301 View
Share
Cara Menghitung Skala Peta Beserta Pembahasanya

Skala adalah perbandingan jarak pada bayangan dengan jarak aslinya. Biasanya terdapat pada peta, denah atau globe yang dapat mewakili kondisi sebenarnya suatu daerah. Skala peta merupakan informasi mutlak yang harus ditentukan.

Tujuan memasukkan skala peta ke dalam peta atau denah adalah agar pengguna peta dapat mengukur jarak sebenarnya. Untuk lebih memahaminya, perhatikan pernyataan berikut.

Pada peta terdapat skala 1:250.000, artinya jarak 1 centimeter di peta sama dengan jarak 250.000 centimeter di lapangan. Skala peta ditentukan dengan dua cara, yaitu skala numerik atau linier.

Jenis Skala pada Peta

Setelah mempelajari cara membaca skala peta, mari kita pelajari jenis-jenis skala peta. Berikut jenis-jenis skala peta yang biasa kita jumpai:

1. Skala garis

Skala linier pada peta biasanya direpresentasikan sebagai garis lurus yang terbagi menjadi beberapa segmen. Setiap segmen skala linier ini mewakili satuan panjang dengan ukuran yang sama. Contohnya meliputi:

0_4_6_8_10_12km

0_2_3_4_5_6cm

Jadi jika Anda membaca setiap 1 cm di peta, itu berarti 2 km di lapangan. Bisa dijabarkan seperti ini: Kilometer terakhir adalah 12 km dibagi sentimeter terakhir, yaitu 6 cm.

Jadi 12:6 = 2 km

Demikian pula, contoh skala linier lainnya membagi jumlah kilometer terakhir dengan jumlah sentimeter terakhir.

2. Skala numerik

Skala numerik adalah skala yang menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya dengan menggunakan angka. Contoh: 1:350.000, jika dibaca setiap 1 cm di peta, berarti 350.000 cm di lapangan.

3. Skala verbal

Skala jenis ini diungkapkan dalam bentuk kalimat atau kata. Namun, tidak ada skala verbal pada peta karena dapat membingungkan pembaca. Skala ini biasa digunakan oleh orang Eropa dan Amerika.

Jenis peta berbasis skala

Setelah Anda mengetahui tipe skala, maka tipe skala dapat menentukan tipe peta. Karena peta mempunyai skala yang berbeda-beda. Berikut jenis peta pada setiap skala:

Peta kadaster

Itu adalah peta berskala besar yaitu 1:100 hingga 1:5000. Peta-peta ini biasanya terdapat pada peta Badan Pertahanan Negara, peta perencanaan pembangunan dan peta RT/RW/Wilayah.

Peta skala besar

Ini adalah jenis peta rumus skala berskala besar dengan skala 1:5.000 hingga 1:250.000. Contoh peta skala besar antara lain peta lokalitas, peta kecamatan, dan peta kecamatan. daerah.

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube