header-int

Ciri Ciri Gejala Tipes

Selasa, 26 Mar 2024, 11:35:40 WIB - 494 View
Share
Ciri Ciri Gejala Tipes

Gejala Demam Tipes merupakan penyakit yang ciri-cirinya sangat mirip dengan penyakit lain sehingga sering diabaikan. Gejala umum demam Tipes antara lain kehilangan nafsu makan, dehidrasi, demam, batu kronis, dan sembelit.

Namun, beberapa ciri demam Tipes juga sering terabaikan. Ingatlah bahwa mengabaikan gejala demam dapat menyebabkan komplikasi dan masalah kesehatan yang lebih serius. Misalnya saja pendarahan pada usus, radang otot jantung, radang paru-paru, radang ginjal dan juga radang kandung kemih. Yuk, tanggapi dengan cepat gejala-gejala tipes berikut yang mungkin terjadi!

Ciri-ciri Demam Tipes yang Paling Diabaikan
Mereka yang terkena dampak mungkin mengalami perubahan psikologis mulai dari kebingungan hingga koma, pembesaran kelenjar getah bening, ruam kulit, dan kegagalan organ.

Semua ini lebih mungkin terjadi jika gejalanya tidak segera ditangani.

Kebanyakan orang yang terinfeksi demam membaik setelah pengobatan antibiotik.

Pemberian vaksin tifus dapat mencegah penyakit bertambah parah.

Demam Tipes masih sering terjadi di negara-negara di Asia Tenggara dan Amerika Selatan.

Anak-anak juga lebih mungkin tertular demam Tipes dibandingkan orang dewasa.

Faktor risiko lain seseorang tertular demam Tipes adalah pergi ke daerah yang angka penularan tifusnya masih tinggi atau sanitasinya buruk.

Kontak dekat dengan orang yang terjangkit atau baru tertular demam Tipes, serta air minum yang terkontaminasi limbah yang mengandung Salmonella typhi, juga meningkatkan risiko tertular demam.
Pencegahan dan pengobatan demam Tipes
Minum air bersih, sanitasi yang baik, dan perawatan medis yang memadai dapat membantu mencegah dan mengendalikan demam.

Vaksinasi dianjurkan bila Anda tinggal atau bepergian di daerah yang risiko tertular demam Tipes relatif tinggi.

Hingga saat ini vaksinasi terhadap demam sudah ada dua jenis, yaitu vaksinasi pertama yang diberikan minimal seminggu sebelum perjalanan, dan vaksinasi yang diberikan dalam bentuk kapsul dan diminum secara oral.

Sayangnya, tidak ada vaksin yang 100 persen efektif.  Karena kehadiran vaksin tidak memberikan perlindungan menyeluruh, maka Anda harus menerapkan pola hidup bersih seperti:

1. Cuci tangan Anda. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara terbaik untuk melawan infeksi. Cuci tangan Anda sebelum makan atau menyiapkan makanan dan setelah menggunakan toilet.

2. Hindari minum air yang tidak diolah. Air minum yang terkontaminasi  merupakan masalah terutama di daerah yang berisiko tinggi terkena demam. Disarankan untuk mengambil air kemasan saja.

3. Minta minuman tanpa es
4. Hindari buah dan sayuran mentah. Jika memang ingin mengonsumsi buah dan sayur, pastikan buah dan sayur tersebut sudah dicuci dengan air bersih.

5. Pilih makanan panas Memanaskan kembali makanan dapat membantu membunuh kuman dan bakteri.

Semoga dengan adanya informasi mengenai Ciri Ciri Gejala Tipes ini anda dapat menjaga kesehatan dan mencegah penyakit tersebut. Saya harap ini bermanfaat!

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube