header-int

Deskripsi Bisoprolol dan Manfaat nya

Jumat, 23 Feb 2024, 15:29:59 WIB - 407 View
Share
Deskripsi Bisoprolol dan Manfaat nya

Bisoprolol adalah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, angina, aritmia jantung, dan kegagalan jantung. Bisoprolol termasuk dalam kelompok beta blocker.

Bisoprolol bekerja dengan memperlambat detak jantung dan mengurangi stres pada otot jantung saat berdetak. Selain itu, bisoprolol juga memiliki efek vasodilator.

Cara kerja ini mengakibatkan penurunan tekanan darah dan penurunan tekanan pada jantung untuk memanaskan darah ke seluruh tubuh. Hal ini juga dapat mengurangi komplikasi risiko seperti stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal

Peringatan sebelum mengonsumsi bisoprolol

Sebelum mengonsumsi bisoprolol, Anda harus mempertimbangkan hal berikut:

  • Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki riwayat bradikardia, asma atau masalah pernapasan lainnya, kegagalan jantung, diabetes, hipertiroidisme, masalah hati, masalah ginjal, miastenia gravis, psoriasis, sindrom Raynaud, atau penyakit arteri perifer.
  • Jangan mengemudi atau melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan setelah mengonsumsi bisoprolol, karena obat ini dapat menyebabkan pusing.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, termasuk suplemen makanan dan produk herbal, untuk menghindari interaksi obat yang tidak diinginkan.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi bisoprolol sebelum menjalani prosedur medis apa pun, termasuk operasi dan prosedur gigi.
  • Segera dapatkan bantuan medis jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi bisoprolol.

Dosis bisoprolol dan aturan pakai

Bisoprolol ditentukan oleh dokter. Dosis yang diberikan disesuaikan dengan jenis penyakit yang diobati, tingkat keparahannya, dan respon tubuh pasien terhadap obat. Berikut dosis umum penggunaan bisoprolol:

  • Penyakit: angina pektoris, tekanan darah tinggi, aritmia jantung
  • Dosis awal adalah 5 mg sekali sehari dan disesuaikan dengan respon pasien. Dosis umum adalah 10 mg sekali sehari, maksimal 20 mg sehari.
  • Kondisi: Gagal jantung kronis
  • Dosis awal adalah 1,25 mg sekali sehari. Dosis dapat ditingkatkan dua kali lipat setelah 1 minggu jika obat dapat diterima dengan baik oleh tubuh pasien.
  • Cara mengonsumsi bisoprolol yang benar
  • Ikuti anjuran dokter dan bacalah informasi pada kemasan bisoprolol sebelum Anda mulai mengonsumsinya. Obat ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan dan sebaiknya diminum pada pagi hari.

Pastikan ada waktu yang cukup antara dosis satu dan dosis menggunakan obat bisoprolol berikutnya. Usahakan mengonsumsi bisoprolol pada waktu yang sama setiap hari untuk memaksimalkan efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi bisoprolol, disarankan untuk segera meminumnya, asalkan jeda dari jadwal dosis berikutnya tidak terlalu singkat. Jika nilainya mendekati, lewati dosis tersebut dan jangan menggandakan dosis berikutnya

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube