header-int

Luas Permukaan Kubus Beserta Contoh Soalnya

Rabu, 20 Mar 2024, 16:43:40 WIB - 244 View
Share
Luas Permukaan Kubus Beserta Contoh Soalnya

Kubus adalah bangun ruang yang sisi-sisinya berbentuk persegi. Sebuah kubus mempunyai enam bidang datar yang kongruen. Sebuah kubus mempunyai enam sisi, 12 rusuk dan delapan titik sudut. Ada empat rusuk vertikal dan delapan rusuk horizontal.

Rumus luas kubus

Permukaan suatu benda merupakan gabungan luas seluruh sisi permukaan benda tersebut. Luas kubus adalah jumlah luas seluruh sisi kubus. Sebuah kubus mempunyai enam sisi, jadi rumus luas kubus adalah L = 6s2, dimana s adalah panjang sisi kubus.

Cara mencari luas permukaan kubus

1. Jika panjang sisinya diketahui

•Pengertian bahwa luas kubus terdiri dari luas keenam sisi kubus. Luas permukaan dapat dicari dengan rumus sederhana: 6xs2, “s” adalah sisi kubus.
•Cari luas salah satu sisi kubus. Untuk mencari luas salah satu sisi kubus, carilah “s”, yang merupakan panjang sisi kubus, lalu cari s2. Artinya, kita mengalikan panjang sisi kubus dengan lebarnya untuk mencari luasnya. Panjang dan lebar sisi-sisi kubus adalah sama. Jika salah satu sisi kubus atau huruf "s" berukuran 4 cm, maka luas sisi kubus tersebut adalah (4 cm)2 atau 16 cm2. Ingatlah untuk menyatakan jawabannya dalam satuan kuadrat.
•Kalikan luas sisi kubus dengan 6. Kita sudah mengetahui luas salah satu sisi kubus dan sekarang mencari luas permukaan dengan mengalikan angka tersebut dengan 6. 16cm2x6 = 96cm2.

2. Sekiranya diketahui volumenya

Cari volume kubus Misalnya volume sebuah kubus adalah 125 cm3.

  • Cari akar pangkat tiga volumenya. Untuk mencari akar pangkat tiga suatu volume, cari saja bilangan yang dapat diintegralkan atau gunakan kalkulator. Hasilnya tidak selalu berupa bilangan bulat. Dalam hal ini 125 adalah bilangan kubus dan akar pangkat tiga adalah 5, karena 5x5x5 = 125. Jadi “s” atau salah satu sisi kubus tersebut ialah 5.
  • Masukkan jawaban ini ke dalam rumus mencari luas kubus. Sekarang setelah panjang salah satu bagian sisi kubus tersebut diketahui, cukup anda ke dalam rumus mencari luas kubus: 6 x s2. Karena panjang salah satu sisinya adalah 5 cm, substitusikan saja ke rumus berikut: 6 x (5 cm)2.
  • Buat ini berarti. Menurut perhitungan matematis, 6 x (5 cm)2 = 6 x 25 cm2 = 150 cm2.
    Contoh soal tentang permukaan kubus

1. Hitunglah luas kubus yang panjang sisinya 4 cm!

Diskusi:

Diketahui: s = 4 cm

Ditanya : L = ?

Menjawab:

L = 6s2

L = 6(4)2

L = 6(16)

L = 96 cm2

Jadi luas permukaan kubus yang panjang rusuknya 4 cm adalah 96 cm2.

2. Hitunglah luas kubus yang panjang sisinya 10 cm!

Diskusi:

Diketahui: s = 10 cm

Ditanya : L = ?

Menjawab:

L = 6s2

L = 6(10)2

L = 6(100)

L = 600 cm2

Jadi, luas permukaan kubus yang panjang rusuknya 10 cm adalah 600 cm2.

Mudah rumus kubus? Jika Anda memahami konsep bangun ruang, rumusnya tidak perlu dihafal melainkan harus dipahami. Sebab kalau dihafal bisa saja lupa, tapi kalau dipahami bisa diingat sampai kuliah nanti. 

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube