header-int

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Jumat, 23 Feb 2024, 18:07:28 WIB - 332 View
Share
Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Secara umum vitamin B yang terkandung dalam kombinasi ini berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Berikut manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari vitamin B kompleks:

1. Meningkatkan kadar testosteron

Vitamin B terkadang dimasukkan ke dalam suplemen penambah testosteron karena diyakini dapat meningkatkan kadarnya pada pria. Sebab seiring bertambahnya usia, kadar testosteron secara alami menurun. Namun, penelitian lebih lanjut dan data ilmiah diperlukan untuk mendukung klaim manfaat ini.

Meskipun tidak ada bukti efek peningkatan testosteron, vitamin B berguna dalam regulasi hormon. Artinya vitamin B dapat membantu mengatur hormon pria dan wanita.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Salah satunya ulasan tahun 2016 bertajuk Vitamin B dan Otak: Mekanisme, Dosis, dan Khasiat - Suatu Tinjauan.

Menurut laporan tersebut, vitamin B6, B9 dan B12 khususnya berperan dalam metabolisme homosistein. Perlu Anda ketahui bahwa metabolisme homosistein membantu mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia.

3. Bermanfaat untuk ibu hamil

Manfaat vitamin B kompleks lainnya bermanfaat bagi ibu hamil atau menyusui. Pasalnya vitamin ini dapat berkontribusi terhadap perkembangan otak janin dan menurunkan risiko cacat lahir. Bagi ibu hamil, vitamin B kompleks juga dapat memberikan beberapa manfaat lainnya. Dimulai dengan membantu tubuh mengatur tingkat energi, meredakan mual, dan mengurangi risiko preeklamsia.

4.Membantu pembentukan sel darah merah

Beberapa jenis vitamin B, termasuk B12, berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Tentu saja tubuh membutuhkan sel darah merah yang sehat untuk menyuplai oksigen ke seluruh bagian tubuh manusia. Jika ada kekurangan sel darah merah, vitamin B12 meningkatkan produksi sel darah merah yang cukup.

Selain itu, tubuh juga membutuhkan vitamin B2 dan B9 untuk produksi dan pertumbuhan sel darah merah. Sedangkan jenis vitamin B lainnya yaitu B5 berperan dalam menurunkan jumlah kolesterol yang diproduksi tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan saraf

Vitamin B complex membantu menjaga kesehatan mata, sistem saraf dan kulit. Selain itu, vitamin ini juga dipercaya dapat membantu mengubah makanan menjadi energi dan mendukung enzim tubuh agar berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh. Mulailah dengan meningkatkan kadar testosteron, meningkatkan kesehatan otak, dan meningkatkan kesehatan saraf. Meski beberapa manfaat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya mendapatkan cukup vitamin B setiap hari.

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube