header-int

Pengertian Teks Eksposisi

Kamis, 14 Mar 2024, 12:48:12 WIB - 393 View
Share
Pengertian Teks Eksposisi

Tulisan ekspositori adalah tulisan yang menggambarkan secara jelas suatu keadaan, proses, atau masalah untuk memberikan informasi atau penjelasan melalui pengembangan gagasan.
Teks eksplanasi disediakan dengan tujuan untuk benar-benar menginformasikan kepada pembaca mengenai informasi atau penjelasan yang disajikan seperti dikutip Pasti Bahasa Indonesia untuk Tim Operasi Ganesha SMA/MA Kelas X.

Fitur teks deskriptif

Ciri-ciri teks eksplanasi seperti yang dikutip dalam “Super Master AKM&SK Mempersiapkan dan Mendalami Sains dan Teknologi US/USP SMA/MA Kelas X Oleh Tim Peneliti Quantum” adalah sebagai berikut

Gulir untuk melanjutkan konten

  • Memperjelas informasi pengetahuan
  • Gunakan fakta sebagai penjelasan
  • Gaya pesan yang informatif
  • Pengiriman mudah
  • Gunakan bahasa default
  • Objektif atau tidak memihak
  • Jangan memaksakan kehendak penulis pada pembaca
  • Gunakan fakta sebagai masukan dan bukti.

Struktur teks pameran

Tesis: pendapat tentang topik yang akan ditulis
Argumen: Argumen penulis didasarkan pada fakta yang mendukung klaim di bagian tesis.
Pernyataan kembali: Perumusan kembali pendapat yang berkaitan dengan topik tertulis.
Jenis teks pameran

1. Teks presentasi analitis

Presentasi analitis adalah presentasi yang bertujuan untuk meyakinkan, membujuk, atau mempengaruhi pembaca atau pendengar bahwa ada suatu masalah yang perlu mendapat perhatian.

2. Teks nasihat

Dongeng peringatan adalah cerita yang bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya tentang apakah suatu masalah harus diselesaikan dengan cara tertentu, atau apakah sesuatu harus dilakukan atau tidak.

Secara khusus, jenis esai ekspositori memiliki struktur yang terdiri dari tesis atau pernyataan pendapat, argumentasi, dan proposal atau usulan.

Contoh teks deskriptif

1. Contoh teks eksposisi analitis

Tugas utama polisi adalah mengendalikan lalu lintas untuk mencegah dan menghilangkan gangguan dan ancaman.

Namun peningkatan kepuasan kebutuhan masyarakat tidak disertai dengan tersedianya perantara yang mendukungnya sebagai bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Hal ini menimbulkan permasalahan sehari-hari seperti kemacetan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas, yang juga dipengaruhi oleh kondisi manusia itu sendiri.

Meningkatkan kesadaran tentang lalu lintas jalan raya merupakan tugas bersama antara masyarakat dan kepolisian. Dengan demikian, kematian tidak selalu disebabkan oleh kesalahan manusia.

2. Contoh teks tampilan peringatan

Diare masih menjadi masalah kesehatan nasional. Angka kejadian dan kematian diare masih tinggi.

Diare terjadi ketika tinja lebih encer dan lebih sering dari biasanya. Tergantung pada penyebabnya, tinja diare mungkin mengandung lendir dan darah.

Gejala diare lainnya adalah demam dan muntah. Terkadang gejala demam dan muntah mendahului diare. Muntah dan diare yang berkepanjangan membuat penderita diare menjadi haus karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi akan semakin parah jika tidak dilakukan tindakan apa pun.

Oleh karena itu teks eksposisi, prinsip pengobatan diare adalah rehidrasi, yakni mengganti cairan yang hilang. Hal ini dapat dilakukan secara oral (dengan minum) atau, jika dehidrasi parah, dengan infus.

Jika penderita diare belum mengalami dehidrasi, berikan 10 ml per kg berat badan untuk diminum segera setelah setiap buang air besar. Langkah ini membantu menggantikan Daftar Slot Gacor Hari Ini cairan tubuh yang hilang melalui tinja.

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube