header-int

Rumus Gaya Jenis-jenis dan Pembahasanya

Rabu, 20 Mar 2024, 14:56:59 WIB - 211 View
Share
Rumus Gaya Jenis-jenis dan Pembahasanya

Gaya dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat menyebabkan perubahan kecepatan atau bentuk. Menurut buku “Mekanika Terapan” karya Dr. Zikri Noer, S.Si, M.Si dan Dr. Indri Dayana, M.Si, rumus gaya umumnya ditulis dalam persamaan matematika:

a= ΣF/m atau ΣF= m.a

Informasi:

a = percepatan benda (m/s2)
ΣF= gaya resultan atau gaya total (N)
m = massa benda (kg)
Dalam fisika, banyak sekali rumus gaya yang mengacu pada rumus di atas sehingga menimbulkan rumus yang berbeda-beda untuk setiap jenis gaya. Berikut ini beberapa:

1. Rumus gravitasi W=m.g
2. Rumus gaya pegas F=k.x
3. Rumus gaya normal N=W=mg
4. Rumus gesekan statis = fs = μs x N
5. Rumus gesekan kinetik = fk = μk xN

Informasi:

W = percepatan gravitasi
g = gravitasi (N)
N= gaya normal (N)
fs = gaya gesek statis (N)
fk = gaya gesekan kinetik (N)
μs = koefisien gesekan statis
μk = koefisien gesek kinetik
k = konstanta pegas (N/m)
x= pertambahan panjang pegas (x)

Jenis gaya

Berdasarkan sifatnya, gaya dibagi menjadi dua bidang: gaya kontak dan gaya non-kontak. Di sini Anda dapat menemukan definisi dan contoh

Gaya sentuh

Gaya kontak adalah gaya yang terjadi karena titik penerapan gaya bersentuhan langsung dengan benda. Gaya ini hanya terjadi bila terjadi kontak dengan benda. Ada berbagai jenis

1. Gaya musim semi

Gaya pegas merupakan gaya yang timbul akibat sifat elastis suatu benda. Gaya pegas terjadi dalam bentuk pemuaian atau tarik menarik dengan arah gaya yang tetap yaitu menuju suatu titik tertentu. Besarnya bergantung pada posisi gaya relatif terhadap titik. Contohnya adalah anak panah yang ditembakkan dari busur.

2. Gaya gesekan

Gesek di artikan sebagai gaya yang bekerja antara dua permukaan benda yang saling bersentuhan. Arahnya berlawanan dengan arah gerak benda. Contohnya adalah mendayung perahu dengan air.

Menurut buku “Rumus Cerdas Fisika SMP” karya Endro Wahyono, S.Si dan Sandi Fahamsyah, S.Si, gaya gesek statis adalah gaya gesek yang bekerja pada saat benda tidak bergerak. Gesekan kinetik adalah gaya gesekan yang dilakukan ketika suatu benda bergerak.

3. Gaya mesin

Gaya mesin adalah tarikan atau dorongan yang diakibatkan oleh kerja suatu mesin atau alat. Gaya ini dihasilkan oleh aksi mekanis seluruh komponen mesin. Contohnya adalah mesin pabrik.

4. Gaya berotot

Kekuatan otot adalah tenaga yang dihasilkan otot untuk menarik, mendorong, mengangkat, dan sebagainya. Contohnya adalah mendorong meja.

Gaya yang sempurna

Gaya non-kontak adalah gaya yang diakibatkan oleh medan gaya yang mempengaruhi benda-benda di lingkungan. Dengan gaya non-kontak, benda yang berada dalam area medan gaya akan merasakan efeknya meskipun benda tersebut tidak bersentuhan. Ada berbagai jenis

1. Gaya magnet

Gaya magnet adalah gaya tarik-menarik atau tolak-menolak yang dimiliki suatu benda yang bersifat magnetis. Semakin kuat magnet maka semakin kuat daya tariknya untuk menembus benda tersebut. Contoh penggunaannya adalah sebagai kompas atau penunjuk arah.

2. Tenaga listrik

Gaya listrik dapat di artikan sebagai gaya yang dihasilkan oleh muatan listrik. Gaya ini terbagi menjadi listrik statis dan dinamis.

Listrik statis disebabkan oleh benda-benda yang tidak menghantarkan listrik, seperti penggaris mika yang digosokkan pada rambut kering sehingga dapat menarik serpihan kertas. Sebaliknya, gaya listrik dinamis diciptakan oleh benda bermuatan listrik yang mentransmisikan arus listrik.

3. Gaya gravitasi

Gaya gravitasi diartikan sebagai gaya yang diakibatkan oleh tarikan dari bumi. Jika suatu benda dilempar ke atas maka benda tersebut akan jatuh ke tanah.

Contoh pertanyaan gaya

Berikut ini contoh soal yang menggunakan rumus gaya:

1. Diketahui gaya yang bekerja pada benda adalah 8 N dan massa benda adalah 2 kg. Berapakah percepatan gerak benda :

Dikenal sebagai:

F = 8N
m = 2kg
Ditanyakan : Percepatan suatu benda

Menjawab:

a = F/m
= 8/2
= 4.

Jadi percepatan benda tersebut adalah 4 m/s2

2. Sebuah benda bermassa 40 N terletak di atas meja. Massa benda adalah... (g=10 m/s)

Dikenal sebagai:

B = 40
g = 10
Pertanyaan: massa suatu benda

Menjawab:

P =mg
40 = M.10
m = 40/10 = 4kg.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus gaya , berbagai jenis dan contoh soal. Saya harap artikel ini membantu Anda.

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube