header-int

Vertigo: Penyebab, Gejala, serta Cara Mengatasinya

Kamis, 29 Feb 2024, 12:00:36 WIB - 381 View
Share
Vertigo: Penyebab, Gejala, serta Cara Mengatasinya

Vertigo adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa pusing dan merasa segala sesuatu berputar di sekelilingnya. Banyak orang yang sering mengalami perasaan ini. Anda mungkin merasa pusing jika kepala terasa seperti berputar.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyebab, gejala dan pengobatan pusing, yuk simak ulasan berikut ini.

Apa itu pusing?

Vertigo adalah suatu kondisi di mana penderitanya merasa dunia di sekitarnya seolah-olah melayang atau berputar. Pusing seringkali menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan dan sulit berjalan atau berdiri.

Pusing bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala yang bisa terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa waktu. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang berusia di atas 20 tahun

Menyebabkan pusing

Penyebab pusing berbeda-beda tergantung jenis pusing yang dialami. Berdasarkan penyebabnya, pusing terbagi menjadi dua jenis yaitu perifer dan sentral.

1. Pusing perifer

Vertigo perifer adalah bentuk vertigo yang paling umum. Penyebab penyakit ini biasanya terletak pada gangguan pada telinga bagian dalam yang mengontrol keseimbangan tubuh.

Namun jika terjadi masalah pada telinga bagian dalam akibat peradangan atau infeksi, Anda akan mengalami pusing dan nyeri yang disebut juga dengan vertigo perifer.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan pusing perifer adalah:

Vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV): Gangguan vestibular telinga bagian dalam yang disebabkan oleh perubahan posisi dan gerakan kepala secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya terjadi dalam jangka waktu singkat.

Riwayat trauma kepala: Orang dengan trauma kepala mungkin mengalami masalah telinga bagian dalam dan menyebabkan pusing.

Labirinitis: Peradangan dan infeksi pada labirin telinga bagian dalam, terutama pada saluran berliku-liku yang berisi cairan.

Penyakit Ménière: Penyakit Ménière adalah penyakit cairan endolimfatik di telinga bagian dalam. Meski jarang terjadi, kondisi ini bisa menyebabkan pusing yang cukup parah.

2. Pusing sentral

Sakit kepala sentral disebabkan oleh masalah otak. Bagian otak yang paling banyak terkena penyakit ini adalah otak kecil. Pusing jenis ini biasanya disebabkan oleh beberapa sebab, seperti:

Migrain: Sakit kepala yang tak tertahankan disertai rasa nyeri dan berdenyut. Migrain sering terjadi pada usia muda.

Multiple sclerosis: Penyakit pada sistem saraf pusat, termasuk otak dan tulang belakang, yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang lapisan pelindung saraf.

Neuroma akustik: Tumor jinak yang berkembang di saraf yang menghubungkan telinga ke otak (saraf vestibular).

Tumor otak: Sel abnormal yang tumbuh di otak kecil dan mengakibatkan gangguan koordinasi gerak tubuh.

Stroke: Suatu kondisi yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan kurangnya suplai darah (iskemia) ke otak kecil.

Faktor risiko pusing

Selain kondisi yang telah disebutkan di atas, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan pengalaman gejala pusing:

  • Lebih dari 50 tahun.
  • Pernah mengalami trauma atau cedera pada kepala.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan.
  • Pusing terjadi dalam keluarga.
  • Tekanan berlebihan.
  • konsumsi alkohol.
  • Infeksi telinga bagian dalam.

Gejala pusing

Salah satu gejala pusing yang paling umum adalah pusing parah, yang membuat Anda merasa lingkungan sekitar berputar dan semakin parah saat Anda menggerakkan kepala. Dalam beberapa kasus, pusing bahkan membuat Anda sulit membuka mata.

Selain itu, orang yang mengalami ciri-ciri vertigo mungkin akan mengalami gejala berikut:

  • Pusing dan muntah.
  • Berkeringat banyak.
  • mengalami gangguan pendengaran.
  • Kegemukan.
  • Sakit kepala.
  • Gerakkan mata Anda tanpa sadar.
  • Telinga mendesis.

Serangan pusing pertama biasanya berlangsung beberapa jam. Kondisi ini bisa kambuh bila tidak segera ditangani.

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube