header-int

WASPADA Gagal Ginjal Akut Pada Anak Usia Dini

Jumat, 01 Mar 2024, 15:25:26 WIB - 305 View
Share
WASPADA Gagal Ginjal Akut Pada Anak Usia Dini

Kasus gagal ginjal akut pada anak usia 6 bulan hingga 18 tahun mengalami peningkatan terutama dalam dua bulan terakhir. Hingga 18 Oktober 2022, telah dilaporkan 189 kasus, sebagian besar berusia 1 hingga 5 tahun.

Gejala gagal ginjal akut

Sebagai peringatan dini, berikut beberapa hal yang perlu diketahui mengenai tanda dan gejala pada pasien cedera ginjal akut, antara lain:

  • Diare
  • buruk
  • Memuntahkan
  • Demam selama 3 sampai 5 hari
  • batuk
  • saya terserang flu
  • Sering mengantuk

Jumlah urine terus berkurang, meski Anda tidak bisa buang air kecil sama sekali
Gejala lain  sakit ginjal pada anak yang juga harus diwaspadai orang tua adalah adanya perubahan warna urine (gelap atau kecoklatan). Jika warna urine berubah dan jumlah urine berkurang atau tidak ada urine selama 6-8 jam (sehari), orang tua diminta segera membawa anak ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pencegahan gagal ginjal akut

Menurut data yang ada, gejala awal berhubungan dengan infeksi saluran cerna. Alasan utamanya, Kementerian Kesehatan menghimbau para orang tua sebagai upaya preventif untuk terus memastikan penerapan pola hidup sehat, bersih, dan sehat selalu diterapkan, memastikan selalu mencuci tangan, menjaga pola makan seimbang, dan tidak mengonsumsi makanan jajanan. dirimu sendiri. . Minumlah air rebusan tersebut tanpa pencegahan dan pastikan vaksinasi rutin serta tindak lanjut pada anak telah lengkap.
 

Unidha Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Madiun, disingkat UNIPMA adalah universitas Persatuan Guru Republik Indonesia di Madiun, Indonesia, yang berdiri pada 17 Mei 1976. Rektor pada tahun 2022 adalah Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube