Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan mempunyai dua arti. Pertama, iklan merupakan pesan terstruktur yang dirancang untuk membuat masyarakat tertarik terhadap barang dan jasa yang ditawarkan.
Kedua, Periklanan adalah pemberitahuan kepada masyarakat mengenai suatu barang atau jasa yang dijual, yang dipasang di media massa (misalnya surat kabar dan majalah), atau di tempat-tempat umum.
Apa tujuan periklanan?
Tujuan periklanan
Pembuatan iklan memiliki beberapa tujuan, antara lain:
- Memasarkan suatu produk atau jasa.
- Memberikan informasi mengenai produk yang akan dijual.
- Meyakinkan pengguna.
- Mengingatkan pengguna.
- Menghasilkan penjualan langsung.
- Membangun citra perusahaan.
Berdasarkan keenam tujuan periklanan tersebut, terlihat bahwa selain untuk memperkenalkan produk perusahaan, periklanan juga bertujuan untuk membujuk khalayak agar membeli atau menyewa produk yang diiklankan.
Untuk lebih memahami periklanan, Anda juga perlu memahami ciri-ciri periklanan. Apa ciri-ciri periklanan?
Fitur periklanan
Fitur promosi meliputi:
1. Gunakan kata-kata pendek
Kata-kata singkat dalam iklan bertujuan untuk menyampaikan pesan secara efektif.
2. Pemilihan kata bersifat sugestif
Pemilihan kata atau diksi yang bijaksana erat kaitannya dengan mempengaruhi minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
3. Ini informatif
Menyampaikan informasi secara sederhana dan jelas serta tidak menyinggung pihak lain.
4. Ditargetkan
Memiliki target pasar (segmentasi) yang jelas sehingga distribusi produk lebih efektif.
Setelah mengetahui ciri-ciri iklan, terdapat pula jenis-jenis iklan untuk mengetahui perbedaan antara jenis iklan yang satu dengan jenis iklan lainnya.
Jenis iklan
Secara umum, ada dua jenis periklanan: iklan komersial dan iklan nonkomersial.
1. Iklan komersial
Iklan komersial adalah iklan yang dimaksudkan untuk mempromosikan barang atau jasa.
memiliki. Produk yang akan diperkenalkan biasanya
B. Deklarasi produk,
dibandingkan dengan kualitas produk,
D.cara menerima produk,
e. Terkadang ada harga dan review dari pengguna yang pernah menggunakan produk tersebut.
2. Periklanan Non-Komersial
Sebaliknya, iklan non-komersial bertujuan untuk mengatakan sesuatu atau mengajak orang untuk bertindak. Jenis iklan non-komersial meliputi:
- memiliki. Pengumuman atau pemberitahuan promosi
- Tujuan dari iklan pengumuman atau notifikasi adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai suatu hal. Misalnya saja, mengiklankan kompetisi nasional yang diperuntukkan bagi siswa SMP dan SMA, atau informasi mengenai pengenalan moda transportasi baru di kota.
B.Iklan Layanan Masyarakat
Pengumuman publik bertujuan untuk mengajak masyarakat dan meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu sosial terkini. Misalnya, iklan mendorong masyarakat untuk menggunakan angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi untuk mengurangi polusi udara.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan mempunyai dua arti. Pertama, periklanan adalah informasi yang bertujuan untuk menciptakan minat terhadap barang dan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat umum.
Kedua, periklanan adalah pemberitahuan kepada masyarakat mengenai suatu barang atau jasa yang dijual, yang dipasang di media massa (misalnya surat kabar dan majalah), atau di tempat-tempat umum.
Jika dilihat dari ciri-ciri iklan, yaitu sebuah pesan yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk tertentu, iklan jelas mempunyai tujuan.